Rabu, 19 Desember 2012

PERENCANAAN DAN ANALISIS SISTEM


Perencanaan system dan analisis kelayakan

Berdasarkan persyaratan pengguna dan analisis rinci dari sebuah sistem baru, sistem baru harus dirancang. Ini adalah fase perancangan sistem. Ini adalah fase yang paling penting dalam pengembangan sistem. Biasanya, desain hasil dalam dua tahap:
awal atau umum desain
Struktur atau desain rinci
Desain awal atau umum: Dalam desain awal atau umum, fitur dari sistem yang baru ini ditetapkan. Biaya penerapan fitur dan manfaat yang akan diperoleh diperkirakan. Jika proyek ini masih dianggap layak, kita bergerak ke tahap desain rinci.
Struktur atau desain Detil: Pada tahap desain rinci, berorientasi kerja komputer dimulai.  Pada tahap ini, desain sistem menjadi lebih terstruktur. Struktur desain adalah cetak biru dari solusi sistem komputer untuk masalah yang diberikan memiliki komponen yang sama dan antar-hubungan antar komponen yang sama seperti masalah asli. Input, output dan pemrosesan spesifikasi disusun secara rinci. Pada tahap desain, bahasa pemrograman dan platform di mana sistem baru akan berjalan juga memutuskan.
Sebuah studi kelayakan adalah studi pendahuluan dilakukan sebelum pekerjaan yang sebenarnya dari proyek dimulai untuk memastikan kemungkinan keberhasilan proyek. Ini adalah analisis solusi yang mungkin untuk masalah dan rekomendasi pada solusi terbaik untuk digunakan. Ini melibatkan mengevaluasi bagaimana solusi yang akan masuk ke perusahaan. Ini misalkan dapat memutuskan apakah pemrosesan order dilakukan oleh system baru yang lebih efisien dari yang seblumnya.
Langkah langkah analisis sistem
1.     Sistem Identifikasi Pengguna

Ini adalah pertanyaan yang paling penting. Jika Anda ketinggalan dengan pengguna, Anda akan membangun solusi yang salah. Semua analisa lebih lanjut akan relay pada peran pengguna didefinisikan, sehingga sangat berhati-hati dengan langkah pertama.

Khas pertanyaan:

    * Siapa yang akan menggunakan sistem?

2. Tentukan Tujuan Utama Pengguna

Setiap pengguna dalam sistem memiliki tujuan tertentu. Salah satu peran pengguna akan menggunakan sistem tidak sangat sering hanya untuk memecahkan beberapa masalah, sementara yang lain peran pengguna akan menggunakan sistem sekitar 2 jam per hari dan menyelesaikan masalah kompleks. Mengapa pengguna akan menggunakan sistem ini? Apa yang akan memecahkan masalah?

Khas pertanyaan:

    * Apa yang saya (sebagai ___ pengguna) ingin Anda capai dengan bantuan sistem?

3. Tentukan Pola Penggunaan Sistem

Setiap user memiliki pola perilaku umum. Sebagai contoh, Manajer datang di tempat kerja dan mulai memeriksa hasil kemarin. Atau Frequent Flyer ingin mengoptimalkan biaya perjalanan untuk bulan berikutnya. Atau Penjualan Orang memiliki panggilan dengan pelanggan yang tidak puas yang ada. Atau Manajer Sumber Daya menangani permintaan pada pengembang tambahan untuk 3 proyek secara bersamaan. Semua ini adalah pola penggunaan khas. Ini adalah titik awal terbaik untuk solusi fungsional. Anda jelas melihat masalah nyata, Anda memahami mereka dengan baik, Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menjadi kreatif dan menemukan solusi yang sederhana, efektif dan elegan.

Khas pertanyaan:

    * Apakah perilaku pengguna biasa (harian, situasi tertentu, dll)?

4. Menciptakan Solusi untuk Memenuhi Tujuan Fungsional Pengguna dan Pola Penggunaan

Ini hanya merupakan kelanjutan logis dari langkah sebelumnya, tapi mungkin langkah yang paling kompleks. Di sini Anda berpikir bagaimana memecahkan masalah yang tepat, mendiskusikan solusi, melompat ke langkah 5-6, memperbaiki solusi, menuliskan dan pindah ke pola penggunaan berikutnya.

Khas pertanyaan:

    * Apa cara terbaik untuk memenuhi pola penggunaan?

5. Tentukan Jalan Navigasi Utama

Ini dan langkah selanjutnya biasanya dilakukan bersama-sama dengan langkah 4. Biasanya sulit untuk menemukan solusi yang bagus tanpa pelacakan jalur pengguna dan sketsa beberapa daerah UI. Bahkan lebih baik untuk menjauhi UI sejauh yang Anda bisa. Dalam diskusi mengganti semua frase seperti "daftar mengarah Kemudian klik link dalam Memimpin Pengguna menu atas dan melihat" dengan "Lalu Pengguna melihat memimpin daftar". Berkonsentrasi pada kebutuhan informasi pengguna pada setiap langkah, bukan pada link dan klik. Baik jalur navigasi terlihat seperti ini:

Pengguna:

   1. Cepat menambahkan petunjuk baru ke dalam sistem
   2. Lihat memimpin daftar
   3. Cari mengarah menambahkan kemarin
   4. Lihat rincian tambahan untuk masing-masing memimpin kemarin

Tidak ada UI di daftar di atas, hanya informasi.

Khas pertanyaan:

    * Apa bidang fungsional / tindakan harus pengguna mengeksekusi untuk melengkapi pola penggunaan?
    * Berapa banyak daerah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tujuan pengguna dalam pola tertentu?

6. Buat maket UI

Maket UI yang besar untuk memiliki cepat melihat pengguna mungkin / interaksi sistem. Sketsa dashboard yang sempurna. Lupakan tentang alat keren seperti Visio, Dreamweaver atau alat prototyping UI lainnya. Sketsa dashboard adalah hal yang tercepat, termudah dan menyenangkan untuk bekerja dengan. Anda akan kelompok di seluruh dashboard dengan spidol di tangan dan mendiskusikan di mana tempat pengaturan sistem link dengan antusias. Setiap orang dapat menggambar dengan spidol, tapi itu hanya tidak mungkin dengan komputer. Dengan penanda di tangan setiap orang merasa bahwa s / ia dapat meningkatkan UI ini dan membawa ide-ide keren. Berikut adalah tempat di mana semangat tim meningkat! Gambarlah sketsa UI, membuat foto pada kamera digital dan menaruh semua foto dalam ruang bersama tunggal.

7. Polandia UI Elemen

Selalu ada kemungkinan untuk membuat sesuatu yang lebih baik, untuk memperbaiki sesuatu di sini dan sana. Ini adalah sikap yang baik. Anda harus berpikir tentang rincian UI fitur paling penting yang akan dilaksanakan tepat setelah memulai proyek. Tapi hati-hati, tidak menghabiskan banyak waktu pada kesempurnaan UI, besar kemungkinan akan berubah selama perkembangan pula. Dan tidak pernah UI cat untuk fitur yang akan dilaksanakan dalam 3 bulan + depan tanggal saat ini, dengan kemungkinan besar hal itu akan membuang-buang waktu.
Teknik pengumpulan fakta
Fakta merupakan bagian dari informasi yang menunjukkan realita , situasi, dan relasi yang menjamin analisis permodelan.
Ada tiga sumber yaitu :

1.Sistem yang berjalan
    menyediakan kesempatan untuk menetukan apakah sistem memuaskan,perlu sedikit perbaikan, membutuhkan pemeriksaan yang besar, atau diganti.Juga menyediakan sumber ide perancangan untuk membantu analis mengidentifikasikan sumber yang ada bagi sistem yang baru.
2.Sumber internal lainnya
    Sumber yang utama adalah orang yang akan menggunakan system yang baru.
    Sumber kedua didapat dari dokumen kerja yang ada dalam organisasi. Dokumen dapat diklasifikasikan misalnya struktur organisasi, apa yang sudah dilakukan organisasi, dan rencana apa yang akan dilakukan organisasi
3.Sumber eksternal
    Informasi yang berasal dari luar organisasi membuka cakrawala ide dan teknik. Banyak industri dari kelompok dan seminar memberikan
Fakta merupakan bagian dari informasi yang menunjukkan realita , situasi, dan relasi yang menjamin analisis permodelan.
Ada tiga sumber yaitu :

1.Sistem yang berjalan
    menyediakan kesempatan untuk menetukan apakah sistem memuaskan,perlu sedikit perbaikan, membutuhkan pemeriksaan yang besar, atau diganti.Juga menyediakan sumber ide perancangan untuk membantu analis mengidentifikasikan sumber yang ada bagi sistem yang baru.
2.Sumber internal lainnya
    Sumber yang utama adalah orang yang akan menggunakan system yang baru.
    Sumber kedua didapat dari dokumen kerja yang ada dalam organisasi. Dokumen dapat diklasifikasikan misalnya struktur organisasi, apa yang sudah dilakukan organisasi, dan rencana apa yang akan dilakukan organisasi
3.Sumber eksternal
    Informasi yang berasal dari luar organisasi membuka cakrawala ide dan teknik. Banyak industri dari kelompok dan seminar memberikan

Teknik-teknik pengeoranisasian fakta
Metode Pengorganisasian Fakta, dengan cara:
              
a. Teknik Bagan Alir Sistem (systems flowchart), yakni bagan alir yang menguraikan prosedur sistem informasi akuntansi perusahaan

b. Diagram Alir Data (Data Flow Diagram), yakni diagram yang menunjukkan sistem informasi perusahaan
Analisis system terstruktur
adalah secara luas digunakan aplikasi komputer pengembangan metode di Inggris, di mana penggunaannya sering ditetapkan sebagai persyaratan untuk proyek-proyek komputasi pemerintah.  membagi sebuah proyek pengembangan aplikasi dalam modul, tahapan, langkah-langkah, dan tugas, dan menyediakan kerangka kerja untuk menggambarkan proyek dalam mode cocok untuk mengelola proyek.  Tujuannya adalah
Meningkatkan manajemen proyek & pengendalian
Membuat lebih efektif menggunakan developmentstaff berpengalaman dan berpengalaman
Mengembangkan sistem kualitas yang lebih baik
Membuat proyek tahan terhadap hilangnya staf
Aktifkan proyek yang akan didukung oleh komputer berbasis alat seperti komputer-dibantu sistem rekayasa perangkat lunak
Membangun kerangka kerja untuk komunikasi yang baik antara peserta dalam proyek.

SUMBER:  http://adehamdani.blogspot.com/2012/11/perencanaan-dan-analisis-sistem.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar